Hikmah Sirah Nabawiyah melalui Pesantren Kilat Smansa

SMA Negeri 1 Selong – Selong --- Pelaksanaan Pesantren Kilat SMAN 1 Selong hingga hari terakhir berlangsung khidmat. Pesantren kilat dilaksanakan selama sepekan, sejak tanggal 01 s/d 05 April 2024. Kegiatan ini dipusatkan di mushalla SMAN 1 Selong.

 

Kegiatan pesantren kilat diisi dengan pembacaan Al-Qur'an, sholat dhuha, dan lomba menyampaikan Sirah Nabawiyah. Peserta lomba terdiri dari satu orang perwakilan setiap kelas X dan XI.

 

Kepala SMAN 1 Selong, Dr. Sri Wahyuni mengungkapkan pentingnya menanamkan nilai-nilai kecintaan dan hikmah sejarah hidup para nabi. Momentum pesantren kita ini juga merupakan kesempatan untuk refleksi diri dan memperkokoh keimanan.

 

"Kegiatan-kegiatan ibadah tidak hanya dilakukan di sekolah, melainkan terus tingkatkan kualitas ibadah-ibadah wajib dan sunnah kita di rumah," ucap Kepala Sekolah dalam berbagai kesempatan selama kegiatan pesantren kilat berlangsung.

 

Dalam kesempatan berbeda, salah satu peserta lomba Sirah Nabawiyah, Haerani Agustin siswa kelas X.13 mengungkapkan perasaan bahagianya mengikuti kegiatan pesantren kilat. Kegiatan ini menurutnya tidak hanya membentuk karakter keimanan melainkan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang luas

 

"Sungguh kegiatan tersebut menjadi peluang untuk kita guna memperbanyak amal ibadah dan pengetahuan akan kisah nabi," ungkapnya pada, Sabtu (06/04/2024).

 

Lebih lanjut, remaja yang akrab disapa Rani itu merasakan banyak perubahan setelah mengikuti kegiatan pesantren kilat, terutama pada kegiatan lomba. Menurutnya, banyak hikmah dan motivasi hidup yang bisa dipetik dari kisah hidup para nabi.


"Saya selaku peserta lomba sempat menelaah kisah para nabi mengaku betapa besarnya kuasa Allah SWT dan kuatnya nabi-nabi kita menjalani kehidupan, "pungkasnya.